Rabu, 05 Desember 2012

Pengertian Antivirus


Antivirus

Pengertian
Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).

Cara Kerja Antivirus
  • Pendeteksian dengan menggunakan basis data virus signature (virus signature database): Cara kerja antivirus ini merupakan pendekatan yang banyak digunakan oleh antivirus tradisional, yang mencari tanda-tanda dari keberadaan dari virus dengan menggunakan sebagian kecil dari kode virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus, dan telah dikatalogisasi sesuai dengan jenisnya, ukurannya, daya hancurnya dan beberapa kategori lainnya.
  • Pendeteksian dengan melihat cara bagaimana virus bekerja: Cara kerja antivirus seperti ini merupakan pendekatan yang baru yang dipinjam dari teknologi yang diterapkan dalam Intrusion Detection System (IDS).
Jenis Antivirus :
Antivirus berdasarkan cara memperolehnya :
  1. Free antivirus  : anti virus yang diperoleh secara gratis
  2. Trial antivirus  : Anti virus yang diperoleh secara gratis namun diberi batasan waktu
  3. Donation antivirus : Anti virus yang diperoleh dengan harus mendonasi
  4. Paid antivirus : antivirus yang diperoleh dengan cara membeli

0 komentar:

Posting Komentar