Minggu, 16 Desember 2012

Tips membeli komputer bekas

Tips membeli laptop Bekas 


Terkadang keinginan yang kerap timbul berbanding terbalik dengan keadaan kita saat ini. Misalkan saat kita ingin membeli sebuah komputer / laptop, kita pasti menginginkan sebuah komputer / laptop dengan kualitas dan performa yang lebih namun untuk memilikinya kita harus mengeluarkan biaya ekstra.
Banyaknya laptop bekas di pasaran menjadi sebuah alternatif untuk memiliki sebuah laptop. Harga laptop baru yang masih cukup mahal bagi sebagian orang, membuatnya hanya dimiliki kalangan terbatas. Untungnya, dengan banyaknya laptop baru yang bermunculan, laptop bekas pun mulai banyak beredar. Ini membuat harga laptop yang sebelumnya tak terjangkau jadi jauh lebih murah.
Selain murah, kualitas laptop bekas pun kebanyakan tidak mengecewakan. Banyak orang yang melepas laptop-nya dengan alasan ingin ganti teknologi ke yang paling baru. Namun, tidak sedikit pula laptop dengan “jebakan batman” yang dijual di pasaran. Agar Anda tak tertipu dengan membeli laptop berkualitas buruk, perhatikan beberapa tips berikut.

1. Tanyakan garansi

Banyak orang orang yang menjual laptop mereka karena berbagai alasan, misal karena karena butuh uang, bosen, spesifikasi tidak sesuai dengan kebutuhan atau bisa juga karena ingin membeli produk laptop terbaru sehingga dia menjual laptop lamanya.Kalau kita memutuskan untuk membeli laptop bekas sebaiknya belilah laptop bekas yang masih bergaransi.

2. Lihat Casing-nya

Casing yang baret/tergores menunjukkan laptop tersebut kurang dirawat. Tentunya hal ini mempengaruhi bagian dalamnya. Apalagi bila sampai retak, berarti laptop tersebut sudah pernah jatuh. Kondisi casing laptop yang mulus setidaknya bisa menjadi tanda bahwa laptop itu “disayang” dan dirawat dengan baik oleh pemilik sebelumnya.

3. Cek Layar-nya

Apakah ada goresan yang parah? Adakah pixel yang mati (dead pixel)? Gunakan tools pemeriksa dead pixel yang banyak bertebaran di Internet. Seperti yang kita ketahui, layar laptop (LCD) merupakan bagian yang paling mahal harganya jika rusak.

4. Cek fisik dan fungsi

Agar kita tidak kecewa nantinya, periksa kondisi fisik laptop yang mau kita beli untuk mendapat gambaran seperti apa perlakuan pemilik laptop sebelumnya.
Jika kita membeli di toko, kemungkinan besar pihak toko telah membersihkannya, tapi untuk beberapa cacat akibat terbentur atau jatuh biasanya sulit untuk ditutupi.

Jangan ragu untuk menanyakan secara langsung jika kita curiga laptop tersebut pernah jatuh atau terbentur. Urungkan niat membeli jika memang kita merasa kurang yakin.
Untuk fungsi, kita dapat mencoba menggunakan keyboard, speaker, webcam, USB, slot memory card dan drive optik untuk memastikan semua fungsi berjalan dengan normal.

5. Cek baterainya

Baterai sangat penting digunakan pada saat berpergian. Periksa daya tahannya. Normalnya bisa bertahan antara 45-60 menit untuk mengetik, membaca dokumen, dan mendengarkan musik.

6. Konsultasi dengan ahlinya

Hal yang tidak kalah penting adalah mendengar pendapat orang-orang yang ahli atau sering menggunakan laptop. Tanyakan pendapat mereka mengenai laptop bekas yang akan Anda beli. Lebih baik lagi jika ia bisa diajak saat Anda memilih laptop bekas.

7. Tanyakan pelayanan purna jualnya.

Garansi laptop bekas sangat penting. Jangan lupa menanyakannya. Tanyakan berapa lama jangka waktunya, mencakup garansi servis dan suku cadangkah atau hanya servis saja? Jangan ragu dan jangan malu untuk bertanya sedetail mungkin.

8. Ekspektasi harga

Jika model laptop bekas yang ingin dibeli masih dijual di pasaran, maka selisih harganya berkisar antara 20-30 %, tergantung kondisi, merek, kelengkapan, dan masa garansi laptop tersebut.
Untuk produk yang sudah tidak dijual lagi, agak sulit menentukan harga yang pas. Sebab, biasanya model laptop yang sudah discontinued (tidak diproduksi lagi), tidak diturunkan harganya. Padahal harga model laptop penggantinya (dengan spesifikasi lebih tinggi) biasanya dijual dengan kisaran harga yang sama. Sebaiknya Anda mengurangi minimal 35% dari harga terakhir. 


 Nah, itu beberapa tips untuk membeli laptop bekas, jangan sampai kita membeli laptop tapi menyesal di kemudian hari karena kualitas yang sudah tidak standar tapi dengan harga yang cukup tinggi :-D   

0 komentar:

Posting Komentar