Selasa, 18 Desember 2012

Klasifikasi komputer

Klasifikasi Komputer

Klasifikasi komputer yang ada saat ini adalah
1. Supercomputer
Superkomputer adalah jenis computer yang mempunyai kecepatan proses paling hebat. Biasa digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks, misalnya untuk peramalan cuaca dan perancangan roket. Superkomputer yang terkenal adalah Cray (Cray Research, Inc).
2. Mainframe
Mainframe merupakan jenis computer yang digunakan pada perusahaan-perusahaan berskala besar untuk menangani pemrosesan data dengan volume yang sangat besar. Perusahaan computer yang menjadi pemain utama pada kelas ini adalah IBM, Fujitsu, dan Unisys.
3. Workstation
Workstation adalah jenis computer yang lebih ampuh daripada kebanyakan PC. Awalnya workstation dirancang untuk memenuhi aplikasi perancangan berbasis grafis  seperti CAD, tetapi belakangan juga banyhak dipakai sebagai server dalam client/server. Perusahaan computer yang menjadi pemain utama dalam produksi workstation adalah DEC, IBM, dan Sun Microsystems.
4. Microcomputer
Mikrokomputer lebih dikenal dengan sebutan PC (Personal Computer) atau computer pribadi. Mikrokomputer sendiri dapat dibedakan menjadi desktop Pc, tower PC, laptop, notebook, palmtop, PDA.
5. Microcontroller
Mikrokontroller adalah mikroprosesor khusus yang berukuiran kecil yang biasa dipasang pada peralatan-peralatan elektronis cerdas, mobil, dan barang yang lain.
  

0 komentar:

Posting Komentar