Minggu, 06 Januari 2013

Tips bersepeda

Tips bersepeda jarak jauh

Berikut ini ada beberapa tips bersepeda jarak jauh :

1. Pastikan Jenis Sepeda Anda Sudah Tepat
Apapun jenis sepeda Anda, memilih sepeda yang cocok bagi Anda sangat penting untuk kenyamanan dan efisiensi bersepeda. Jika Anda merasakan sakit leher, punggung, lutut, atau mati rasa pada tangan atau kaki, maka bisa jadi sepeda atau komponen sepeda tidak cocok bagi Anda. Memilih sepeda yang tepat dapat meningkatkan efisiensi mengayuh dan aerodinamika sehingga membuat Anda mampu bersepeda lebih cepat.
2. Jangan Lupakan Peregangan
Bersepeda melibatkan pergerakan berulang yang membutuhkan kelenturan dan keseimbangan otot yang prima. Karena itu peregangan otot sebelum bersepeda sangatlah penting. Pesepeda umumnya mengalami tegang otot hamstrings, hip flexors dan chest jika tidak melakukan peregangan sebelumnya.
3. Jangan Bersepeda Sendirian
Bersepeda dengan partner atau tim sepeda sangat baik untuk meningkatkan keahlian Anda bersepeda. Strategi dan taktik dari sebuah tim sepeda sangat penting terutama saat pertandingan. Bergabunglah dengan klub sepeda yang sesuai dengan tingkat keahlian Anda.
4.  Melatih ritme bersepeda
Ritme gowes yang tepat sangat menentukan ketahanan kita selama touring bersepeda, apalagi bersepeda jarak jauh. Cobalah menggunakan ritme bersepeda gear (untuk menemukan ritme kayuhan yang optimal). Kita harus merasakan kayuhan tersebut agar kita tidak merasa berat, ngos-ngosan dan cepat capai. Setelah merasakan kayuhan tersebut, kita harus selalu mempertahankan ritme tersebut. Saat melewati tanjakan, pindah gear ke yang lebih ringan dan jangan turunkan ritme kayuhan. Ritme yang konstan akan membuat ketahanan tubuh lebih baik dan terhindar dari menyerah ditengah perjalanan
5.Gunakan Kostum, Sepatu, Dan Helm Khusus Bersepeda
Bagi pemula, awal memakai kostum khusus bersepeda akan terasa aneh, namun kostum tersebut diciptakan untuk mendukung performa bersepeda. Kostum yang ketat bertujuan untuk meminimalisir hambatan angin. Warnanya yang menyolok membuat lebih mudah terlihat di jalan. Sepatu khusus bersepeda sangat membantu efisiensi bersepeda dan meningkatkan keselamatan. Lebih lagi helm khusus bersepeda hukumnya adalah wajib. Tidak ada atlet balap sepeda yang diperbolehkan bertanding tanpa mengenakan helm.  

 Nah itulah beberapa tips dalam bersepeda jarak jauh, smoga bermanfaat, tetap semangat bro :-D

0 komentar:

Posting Komentar